"A"

Akhir semester lalu, aku dikejutkan dengan IP-ku yang “kumlot”. Hehe, knapa aku kasih tanda petik, cuz ada satu mata kuliah yang sampe skarang aku masih bertanya-tanya, “knapa bisa dapet nilai A?”. Jujur aja, di mata kuliah ini aku bandel banget, sehabis mid semester aku nnggak pernah masuk kuliah sekali pun. Maklum, kuliahnya malem dan dosennya bikin nggak asyik kalo lagi ngasih materi. Selain itu juga karna tugas pertama-ku ditolak mentah-mentah sama bapak dosen. Udah bikin ilfil aja, makanya habis kejadian itu, aku nggak berangkat kuliah sama sekali. Tugas-tugas selanjutnya aku juga nggak ngumpulin, termasuk kuis juga. Yang bikin nggak mood lagi, materinya pake english semua. Ogah-ogahan banget pas mau belajar.

Pasrah banget deh pas mau uas. Materi nggak punya, nggak mudeng pula. Dalam benak udah kepikiran buat ambil sp (semester sisipan) tahun ini. Tapi tetep lah, optimis bisa waktu ngerjain soal-soal ujiannya. Harus bisa, dan nilai nggak boleh lebih jelek dari mid kmaren.



Alhamdulillah, malem sebelum ujian temenku sms ngasih kabar kalo dia punya materi yang pake bahasa indonesia. Udah jam 10 malem lewat dan aku baru dapet materi ujian, xixixixiiii. Bener-bener kecerobohan yang nggak boleh diulang lagi.

Nggak sempet ngapalin, cuman baca-baca aja plus memahami. Dan keesokan paginya ketika ujian berlangsung, dari 8 soal yang ada, hanya 3 soal yang aku bisa jawab. Hehe, hanya berharap Allah SWT memberikan keajaiban. Smoga petunjuk yang Dia berikan sewaktu aku jawab soal-soal itu secara asal-asal’an tepat.

Ketika aku sadar, ternyata nilai-ku A, bukan main senengnya. Alhamdulillah, terimaksih untuk-Mu. Bagaimana pun, ini tetap harus disyukuri. Apa yang Dia berikan kepada ku, sampe akhirnya aku bisa mencapai target yang udah jadi patokanku slama ini.

Dan, semester ini pada mata kuliah lanjutan. Pak dosen yang sama mengajarku lagi...
Entah ini derita, bencana, ato karunia. Tetap harus disyukuri..

Nilai “A”, hehe..

Pak Faisal

Yap, ketemu lagi ma tulisan aku. Kali ini aku pengen berbagi cerita yang udah diceritain ma dosen sistem operasi aku, Pak Edy Faisal. Baru pertama ini dapet dosen Pak Faisal, aku sering bertemu dengan beliau di ruang dosen, hanya sekedar berpapasan ketika berjalan aja. Kaget juga, ternyata beliau tidak seseram yang aku bayangin, luarnya aja yang galak. Tapi ternyata, asyik en gaul banget. Ya ya ya, cukup untuk perkenalannnya.
Di perkuliahan hari pertama, beliau bercerita tentang kehidupan pribadinya. Bapak 6 orang ini sangat kreatif kalo aku bilang. Sebagsi seorang dosen yang gajinya pas-pas’an, beliau mempunyai ide untuk berwirausaha membangun beberapa bisnis kecil-kecilan namun menghasilkan. Hmmmm, kagum.
Tanpa rasa malu, beliau membuka warung nasi goreng di kawasan Banyumanik – aku nggak tau tepatnya daerah mana. Awalnya beliau yang ngurusin sendiri warung tersebut bersama sang istri, tapi sekarang sudah ada beberapa karyawan yang dipekerjakan sehingga Pak Faisal cukup mengontrol dari jauh saja bagaimana perkembangan warungnya. Sebulan beliau menerima gaji bersih Rp 300.000,- dari penjualan nasi goreng ini. Memang nggak begitu banyak, lumayan lah buat tambah-tambah penghasilan. Target beliau, dalam lima tahun kedepan beliau memiliki 100 cabang nasi goreng. Bisa dihitung berapa oenghasilan yang bakalan didapetin, satu warung Rp 300.000 per bulan, kalo 1ada 100 warung? Itung sendiri deh..

Beliau juga punya ternak sapi pedaging. Hanya bermodal 5jt rupiah untuk pembuatan kandang sapi, beliau kini mempunyai 9 ekor sapi yang sekarang ada di kandangnya, dan kalo nggak salah ada skitar 12 ekor sapi yang dititipkan ke tempat laen gara-gara kandangnya nggak mencukupi untuk pelihara sapi-sapi itu. Hmmmmm!! Jadi ceritanya, dengan modal kandang sapi tersebut, beliau meminta teman-tenannya untuk menjadi investor. Beliau mempunyai mimpi untuk membuat agen daging sapi, semacam pengolahan daging sapi gitu. Yang nanti hasil olahan daging sapi itu bisa dibuat menjadi sosis, bakso, dll. Bisa dibayangin omsetnya per bulan..
Berhubung anak beliau banyak, dan masih pada sekolah, butuh jasa antar jemput. Daripada beliau membayar jasa antar jemput untuk anak-anaknya, hitung aja misal tiap anak harus bayar Rp 75.000,- untuk sebulan antar jemput, dikalikan lima oprang anaknya yang masih sekolah. Pengeluaran bakalan mbengkak banget kalo gitu. Untuk itu, beliau mempunyai inisiatif untuk membuat jasa antar jemput sendiri. Dengan membeli mobil yang nggak terlalu mahal, beliau membuka jasa antar jemput sekolah. Targetnya adalah temen-temen dari anak beliau. Dari pendapatan yang dihasilkan jasa antar jemput sekolah ini, beliau nggak hanya bisa melakukan operawatan mobilnya, tapi juga bisa nabung. Kreatif,
Beliau bercerita, teman beliau membeli celengan super gede buat nabung untuk pergi haji kalo celengannya udah penuh. Beliau pun nggak mau kalah. Beliau bikin celengan sendiri dari bekas bungkus sarung yang dikasih ma tetangganya waktu lebaran kmaren. Optimis aja. Pokoknya begitu celengan penuh, pergi haji. Gitu deh!! Baru beberapa bulan, celengan Pak Faisal udah penuh. Sedangkan celengan temen beliau yang super gede itu belum penuh-penuh. Alhamdulillah, dari target yang ditanamkan dari awal, Pak Faisal berangkat haji dengan uang dari celengannya itu. Sedangkan teman beliau, insyaallah tahun ini baru naek haji.
Pelajaran untuk hari ini : hidup itu emang harus punya mimpi, punya target apa yang kedepannya harus dicapai. Optimis kalo kita emang mampu untuk mencapai terget itu. Niat dan usahanya jangan sampe lupa ya. Percaya deh Allah SWT selalu kasih jalan yang terbaik untuk itu. Memang bakalan berat awalnya, tapi insyaallah kedepannya bakalan mudah untuk mencapai semua itu. Apa yang kita pikirkan adalah nyata, kalo kita mikir yang jelek-jelek mulu, ya yang bakal terjadi yang jelek-jelek itu. Makanya, positive thinking yap. Tetep optimis dan jangan menyerah. Kalo pun suatu saat kamu mengalami kegagalan, itu hanyalah batu kerikil yang harus kamu singkirkan untuk kamu bisa berdiri kembali ketika kamu terjatuh karenanya. Yang harus kamu pikirkan adalah bagaimana cara agar kamu tidak terjatuh untuk kedua kalinya karena kerikil yang sama. Goodluck..

Hmmmmmm !!

Jesh !!! Ngelu bangedd.
niat hati mau ganti template, eh malah remuk templateny. huft..
nanti malem nglembur lagi nih ngublek2 html'ny...
mata udah jereng banget liet script2x memusingkan itu, huahhhhhhhhhhhhhhh!!
pengen tereaaaaaaaakkkk..
ckckckckkkkk,,
istirahat dulu ah..




hhhhhmmmmmmmmmm... lagi mikir juga,, mau ngapa di lomba blog djarum..
belum ada konsep..
blas..
fuih..
jejeje,

jadi kepikiran juga ma PKM yang diajuin buat syarat beasiswa..
belum ada konsep juga,
pye yap?
bingung dwe..
gocek'an sik ahhhhhhhhhh,,,


Think Black mode is On

Djarum Black Blog Competition 2009

OVERVIEW
Djarum Black Blog Competition adalah suatu kompetisi menulis dikalangan blogger Indonesia. Tulisan memuat pengalaman sehari-hari dan pandangan individu terhadap suatu hal.


LATAR BELAKANG
* Perkembangan yang sangat pesat pada komunitas blogger di indonesia.
* Untuk menemukan generasi baru yang lebih expressive, speak up their opinion, care to their surroundings, and creative.
* Bloging sudah menjadi Lifestyle.



SYARAT DAN KETENTUAN
1. Peserta bukan karyawan , mitra usaha dan rekanan PT Djarum.
2. Blog dibuat dan dikelola oleh WNI.
3. Tidak ada batasan pada pekerjaan, kemampuan menulis, ataupun tema blog pribadi yang dirasa kurang sesuai. Yang menjadi penilaian adalah isi dari artikel yang diajukan.
4. Artikel yang diajukan untuk kompetisi menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa Inggris dapat dipergunakan sebagai konten artikel tetapi hanya sebagai pelengkap artikel saja, bukan menjadi bahasa utama penulisan artikel.
5. Konten dari artikel merupakan tulisan dari pengelola blog.
6. Isi artikel yang diajukan merupakan hasil pemikiran pribadi.
7. Isi artikel tidak berhubungan dengan periklanan internet, tidak mengandung unsur pornografi dan pornoaksi, tidak mengandung SARA, dan bukan hasil plagiarisme.
8. Peserta dapat mencantumkan informasi produk (apabila diperlukan).
9. Menggunakan bahasa yang menarik dengan gaya bahasa apapun selama sopan.
10. Jumlah artikel yang memenuhi ketentuan keyword wajib harus lebih dari 20 artikel (tanpa ada batasan jumlah kata keseluruhan).
11. Artikel yang akan di nilai adalah artikel-artikel yang diposting pada jangka waktu yang ditentukan.
KEYWORD WAJIB
Keywords Wajib adalah kata kunci yang wajib ada pada tulisan dengan jumlah minimal 2 dari daftar berikut :
1. Djarum Black
2. Djarum Black Slimz
3. Djarum Black Slimznation
4. Djarum Black Motodify
5. Djarum Black Night Slalom
6. Autoblackthrough
7. Autoblackthrough goes to campus
8. Blackinnovationawards
9. Blackinnovationawards goes to campus
10. Black In News
11. Black Car Community
12. Black Motor Community
13. Black Community
TAHAP KOMPETISI
1. Pendaftaran
o Pendaftaran artikel blog dimulai dari tanggal 06 Desember 2008 sampai dengan 31 Maret 2009.
o Peserta kompetisi adalah pemilik blog itu sendiri. Peserta tidak dapat mengusulkan suatu blog lain.
o Daftarkan di : www.autoblackthrough.com/blogcompetition/
o Cantumkan official banner di halam utama blog anda, code : lihat disini
o Add blog (blackoholiczone.blogspot.com) sebagai friends.
o Identitas pemilik blog (nama, nickname, alamat blog, email, lokasi/alamat, no telp/HP, pekerjaan).
2. Penjurian
o Penilaian akan dimulai dari tanggal 01-09 April 2009.
o Pemenang akan dipublikasikan di www.autoblackthrough.com/blogcompetition/ pada tanggal 10 April 2009 dan akan dihubungi lebih lanjut oleh panitia.
o Penilaian akan dilakukan pada seluruh pendaftar yang lolos registrasi dan memenuhi persyaratan serta telah dipublikasikan di www.autoblackthrough.com/blogcompetition dan blackoholiczone.blogspot.com (blogroll).
o Panitia akan memilih top 10 blog list.
o Panitia akan memilih satu blog terbaik dari top 10 blog list sebagai juara utama.
o Panitia akan memilih dua blog terbaik dari top 10 blog list sebagai juara kedua dan ketiga.
o Hasil seleksi adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
o Panitia tidak melayani surat-menyurat diluar prosesi.
o Seleksi, kecuali surat pengaduan adanya tindak kecurangan.

dapet dari blog Tomi nih.. buat temen2 yang mau ikutan, ayo.. buruan daftar yap..
From http://www.autoblackthrough.com/

Masih Adakah Kepedulian Itu ??

Kali ini aku mau bahas tentang kepedulian, yang pada kenyataannya udah jarang banget dimiliki hampir sebagian besar orang. Jadi gini, cerita ini berhunungan dengan keseharian lama aku. PP Ung-Smg naek bus jurusan Amarawa-Smg. Tapi yang mau aku bahas bukan masalah bus’nya, melainkan kejadian demi kejadian yang aku alami dalam perjalananku hari ini.

Pukul 08.30 pagi tadi ku niatin buat berangkat ke kampus, hmmm. Niatnya sih mau lebih pagian, tapi kehalang ujan deres yang mengguyur ungaran tercinta. Setelah setengah jam nunggu bus, akirnya skitar puku 09.00’an baru dapet bus “N**a S**i” jurusan Amb-Smg. (jangan heran kalo aku lama nunggu dapet busnya, banyakan pilah pilih dulu kalo mau naek bus. Haha.)



Cuaca yang lumayan buruk, ditambah banyaknya bus yang nggak beroperasi hari ini gara-gara jalur bus Smg-Amb banjir, bikin males banget. Di dalem bus umpel-umpelan gak karuan, berdiri, bawa ransel penuh buku++, ma nenteng helm sgala. Ampyun, berat banget ranselku. Punggung berasa mau copot. Hhhhhmmmm. Anehnya, nggak ada seorang penumpang laki-laki yang mau memberikan jatah duduknya ke aku. Gile yah, cowok jaman skarang manja banget. Apalagi yang dah pada setengah baya. Pura-pura sok gak tau. Bukanya ngarep sih, tapi pas ada nenek-nenek naek bus itu dan nggak kebagian jatah duduk juga, eh dibiarin aja. Mbok ya ooo dikasih kek kursinya buat yang lebih tua, yang cewek-cewek yang sekiranya membutuhkan kursi. Cowok kok ngorbanin jatah duduknya aja nggak mau. Payah!! Mental karet, kalah ma cewek-cewek muda yang masih punya rasa peduli yang lumayan gede.

Cerita berlanjut, ketika ada seorang ibu yang lagi gendong bayi mau turun dari bus lewat pintu depan, kpala si bayi mepet ma tiang pegangan bus, otomatis kalo bus lagi ngerem dadak ato gimana, kpala si bayi bakalan ke jedot ke tiang. Sedangkan ibunya sendiri nggak menyadari hal itu. Tiba-tiba ada suara ibu-ibu, teriak kenceng banget dari arah bangku belakang. Ibunya ngomongnya pake bahasa jawa, aku sih mudengnya gini, “Bu, itu lho kpala anaknya disangga pake tangan, hati-hati kalo kejedot tiang..”. hmmmm, scara kedua ibu-ibu itu nggak saling knal. Tapi bisa untuk mengingatkan salah satu diantaranya ketika salah satunya butuh bantuan. Nggak nyangka..

Yang ini cerita tentang kernet bus Smg-Amb, kebetulan pas naek bus fav “Putr* Pala**n. Yang nggak lama kalo ngetem, en bayarnya sesuai eceran. (haha, lha po jual bensin? Hehe). Kernetnya baek kalo nurut aku, bapak-bapak sih, lumayan tua. Begitu ada cowok “sangar” duduk disebelah aku, beliau nyuruh aku buat pindah belakang. Hmmmm, mungkin bapak kernet tau kalo orang itu preman kali yah? Tampanganya aja “sangar” gitu, gerak-geriknya juga lumayan mencurigakan. Jadi parno sendiri aku. Haha. Ya, mungkin bapak kernet gak mau ada yang “kecolongan” di dalem bus itu. Maksih pak,,

Cerita lain lagi ini tentang kernet bus jurusan Smg-Bandungan, aku naek bus ini dari Banyumanik, sepulang dari jenguk dedek ochidd. Sengaja aku Tanya ma kernet bus itu, “pak, ongkos Banyumanik-Ung brapa ?”. Si kernet jawab, “Tigaribu..”. kontan aku kaget, lhawong ongkos Ung-Smg aja tigaribu owk, masak ongkos Banyumanik-Ung tigaribu juga??? Kernetnya punya gelagat jelek banget, suka morotin penumpang yang gak tau harga!! Padahal biasanya seribumaratus, itu pas BBM naek. Pas BBM blum naek cuman seribu. Nah, si kernet terus bilang, “owh, Banyumanik-Ung? Duaribumaratus mbak..”. Aku tawar aja, “Ah, biasanya malah seribumaratus pak. Mahal banget sih?”. Then, si kernet ngejawab lagi gni, “wes mbak duaribu aja gapapa..”. yawdah aku bayar aja duaribu, daripada riwil ma kernetnya.

Nah, yang bikin aku kaget, mas-mas yang berdiri disebelahku, dan aku ngliet sendiri dia bayar seribu perak dari Banyumanik, ternyata turun di Ungaran juga. Jyaaaaaaaaaaahhhh, gini nih kalo udah dihantui duit-duit-duit-dan-duit. Ngrugiin konsumen, en nambah dosa aja pak kernet.

Nah, kalo cerita yang barusan ini tentang kejujuran. Bagaimana cara kita belajar untuk jujur, walau hal itu nggak bawa keuntungan yang banyak buat kita. Dan masih ada kepedulian itu??

Apa Rahasia 90/10?

10% kehidupan dibuat oleh hal-hal yang terjadi terhadap kita. 90% kehidupan ditentukan oleh bagaimana kita bereaksi/memberi respon. Kita sungguh-sungguh tidak dapat mengontrol 10% kejadian-kejadian yang menimpa kita. Kita tidak dapat mencegah kerusakan mobil. Pesawat mungkin terlambat, dan mengacaukan seluruh jadwal kita. Seorang supir mungkin menyalip kita di tengah kemacetan lalu-lintas. Kita tidak punya kontrol atas hal yang 10% ini.

Yang 90% lagi berbeda. Kita menentukan yang 90%! Bagaimana? Dengan reaksi kita. Kita tidak dapat mengontrol lampu merah, tapi dapat mengontrol reaksi kita. Jangan biarkan orang lain mempermainkan kita, kita dapat mengendalikan reaksi! kita!

Mari lihat sebuah contoh, kamu sedang sarapan bersama keluarga. Adik perempuanmu menumpahkan secangkir kopi ke kemeja kerja mu. Kamu tidak dapat mengendalikan apa yang telah terjadi itu. Apa yang terjadi kemudian akan ditentukan oleh bagaimana kamu bereaksi.


Kamu mengumpat, lalu dengan kasar memarahi adik mu yang menumpahkan kopi. Dia menangis. Setelah itu, kamu melihat ke istrimu, dan Mengkritiknya karena telah menaruh cangkir kopi terlalu dekat dengan tepi meja. Pertempuran kata-kata singkat menyusul. Kamu naik pitam dan kemudian pergi mengganti kemeja. Setelah itu kamu kembali dan melihat adik perempuan mu sedang menghabiskan sarapan sambil menangis dan siap berangkat ke sekolah. Dia ketinggalan bis sekolah. Istrimu harus segera berangkat kerja. Kamu segera menuju mobil Dan mengantar adik mu ke sekolah. Karena kamu terlambat, kamu mengendarai mobil melewati batas kecepatan maksimum. Setelah tertunda 15 menit karena harus membayar tilang, kamu tiba di sekolah. Adikmu berlari masuk.Kamu melanjutkan perjalanan, dan tiba di kantor terlambat 20 menit, dan kamu baru sadar, bahwa tas kerjamu tertinggal. Hari-mu begitu buruk.Kamu ingin segera pulang. Ketika kamu pulang, kamu menemukan ada hambatan dalam hubungan dengan istri dan adikmu.

Kenapa? Karena reaksimu pagi tadi. Kenapa hari mu buruk?
a) Karena secangkir kopi yang tumpah?
b) Kecerobohan adikmu?
c) Polisi yang menilang?
d) Karena dirimu sendiri?


Jawaban-nya adalah D. Kamu tidak dapat mengendalikan tumpahnya kopi itu. Bagaimana reaksi-mu 5 detik kemudian itu, yang menyebabkan hari mu menjadi buruk. Ini yang mungkin terjadi jika kamu bereaksi dengan cara yang berbeda.

Kopi tumpah di kemejamu. Adikmu sudah siap menangis. Kamu dengan Lembut berkata : "Tidak apa-apa sayang, lain kali kamu lebih hati-hati ya". Kamu pergi mengganti kemejamu dan dan tidak lupa mengambil tas kerjamu. Kamu kembali dan melihat adikmu sedang naik ke dalam bus sekolah. Istrimu menciummu sebelum kamu berangkat kerja. Kamu tiba di kantor 5 menit lebih awal, dan dengan riang menyalami para karyawan. Atasanmu berkomentar tentang bagimana baiknya hari ini buat mu.

Lihat perbedaannya. Dua skenario yang berbeda. Keduanya dimulai dari hal yang sama, tapi berakhir dengan berbeda. Kenapa? Karena REAKSI kita. Sungguh kita tidak dapat mengontrol 10% hal-hal yang terjadi.Tapi yang 90% lagi ditentukan oleh reaksi kita.

Sumber : File Mas Ihwan